Wednesday, January 15, 2020

Gaya Lorentz


Gaya Lorentz

       Gaya lorentz merupakan nama dari sebuah gaya dalam fisika modern yang diambil dari nama belakang seorang ahli fisika kelahiran Arnhem Belanda yang bernama Hendrik Anton Lorentz. Ahli fisika asal negeri kincir angin ini meneliti tentang sebuah interaksi penghantar berarus yang diletakkan di dalam sebuah medan magnet. Dan hasilnya ia berhasil menemukan sebuah gaya yang kemudian disebut dengan gaya lorentz. Gaya inilah yang kemudian banyak bermanfaat untuk menggerakkan motor listrik untuk berbagai keperluan seperti kipas angin, blender, dan lain sebagainya.

Cara menentukan arah gaya lorentz


Dalam berbagai aplikasi soal fisika sering sekali kita menanyakan arah dari gaya lorentz. Untuk menentukan arah gaya lorentz kita bisa menggunakan dua alternatif  cara / kaidah yakni dengan kaidah tangan kanan atau kaidah pemutaran sekrup. Lihatlah seperti gambar yang ada dibawah berikut ini !!!


Rumus Menghitung Besar Gaya Lorentz

dapat diketahui bahwa semakin besar arus listrik, gaya Lorenz yang dihasilkan semakin besar. semakin besar medan magnet, gaya lorentz yang dihasilkan semakin besar, begitu pula dengan panjang kawat berarus, semakin panjang kawat berarus yang ada dalam medan magnet, gaya lorentz yang dihasilkan juga semakin besar.untuk arah arus (I) dan arah medan magnet (B) saling tegak lurus secara matematis besar gaya lorentz dituliskan sebagai berikut

F = B • I • L

Dengan:
F = gaya Lorentz (newton)(N)
B = medan magnet (tesla)(T)
I  = kuat arus listrik (ampere)(A)





Selamat belajar



No comments:

Post a Comment